2. Pilih metode memasak yang tepat

Tahukah kamu bahwa metode memasak makanan juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam makanan, lho. Oleh sebab itu, kamu bisa memasak makanan yang lebih sehat dengan melakukan metode merebus, memanggang, atau memasak dengan menggunakan teknik stir-fry karena tidak membutuhkan minyak tambahan dan tidak meningkatkan kandungan kolesterol dalam makanan

3. Perhatikan porsi makanan

Ketika mengonsumsi makanan, penting untuk memperhatikan porsi agar tidak melebihi kebutuhan tubuh. Konsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Untuk menjaga porsi makanan tetap terkontrol, kamu dapat menggunakan piring yang lebih kecil, dan makan secara perlahan. Hindari juga makanan yang berlemak dan makanan yang mengandung gula dan garam yang tinggi karena keduanya juga dapat berdampak pada kesehatan jantung dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

4. Perbanyak konsumsi air

 

Dilansir dari Mayo Clinic, perbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk membantu tubuh membuang kolesterol. Air dapat membantu mengangkut kolesterol dari seluruh tubuh ke hati, di mana kolesterol kemudian diproses dan dibuang. Apabila tubuhmu kekurangan cairan, dapat membuat darah menjadi kental dan sulit mengalir, sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membuang kolesterol dengan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top