Sahabat Sehat, bangun tidur di pagi hari sangat disarankan agar kamu bisa produktif melakukan berbagai aktivitas. Sayangnya, seringkali rasa kantuk cukup sulit untuk dilawan, khususnya saat akan berakivitas di pagi hari.

Rasa kantuk ini bisa terjadi karena kekurangan waktu tidur atau justru terlalu banyak tidur. Di samping itu, penyebab seseorang mengantuk di pagi hari juga bisa karena tidur tidak pulas, memiliki gangguan tidur maupun mengalami dehidrasi. Jarang bergerak juga menjadi salah satu penyebab kamu suka mengantuk, loh! Ini karena kurangnya aktivitas fisik mebuat tubuh menjadi tidak bugar dan mudah lunglai.

mengatasi ngantuk di pagi hari
Foto: Pexels.com

Cara Mengatasi Rasa Kantuk

Bangun lebih pagi punya banyak manfaat, selain membuatmu tepat mengatur waktu, kesehatan juga lebih prima karena bisa menghirup udara segar di pagi hari. Kamu harus melawan kantuk dengan berbagai tips berikut.

Bangun dari Tempat Tidur dan Stretching

Saat bangun tidur, segeralah beranjak dari tempat tidur dan lakukan stretching selama kurang lebih 10 menit. Pergerakan tubuh akan membantu untuk mengembalikan kebugaran dan menghilangkan kekakuan otot seletah berbaring cukup lama.

Minum Segelas Air Putih

Sebelum mulai beraktivitas, minumlah segelas air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tertidur. Dengan terpenuhinya cairan tubuh, tubuh terasa lebih bugar dan terhindar dari kantuk karena dehidrasi.

Sarapan Bergizi dan Secukupnya

Penuhilah energi tubuh dengan sarapan dalam porsi secukupnya. Kekenyangan ternyata bisa bikin kamu mudah ngantuk, loh! Jika kamu akan berolahraga pagi untuk mengurangi berat badan, sarapan bisa dilakukan setelah olahraga untuk membakar lebih banyak kalori, meningkatkan metabolisme, dan menghindari perut tidak nyaman saat berolahraga. Tapi jika kamu berolahraga bukan dengan niat untuk mengurangi berat badan, ngga masalah kalau sarapan dalam porsi kecil dilakukan beberapa menit sebelum olahraga pagi.

mengatasi ngantuk di pagi hari
Foto: Pexels.com

Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi meningkatkan kadar serotonin, sehingga bisa mmebuat kualitas tidur membaik. Berdasarkan studi dalam Journal of Biophotonics, sinar matahari pagi mempunyai gelombang pendek yang menekan melatonin atau hormon penyebab rasa kantuk. Jika bekerja dari rumah, maka sempatkan tetap terkena sinar matahari setidaknya 5-15 menit setiap harinya. Berjemur sebelum pukul 10 pagi sangat direkomendasikan agar terhindar dari bahaya sinar UV.

Rutin Berolahraga

Jarang bergerak atau berolahraga menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Rutinlah berolahraga agar lebih berenergi dan tidak stres. Lakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Kebiasaan tidur dapat ditingkatkan dengan memenuhi durasi tidur normal, membuat kamar terasa nyaman dan menenangkan, tidur tidak larut malam, dan mematikan gawai satu jam sebelum tidur. Kamu juga bisa melakukan relaksasi jika merasa kesulitan untuk tidur.

Hindari Konsumsi Kafein Berlebihan

Meminum secangkir teh atau kopi di pagi hari memang bisa membuat tubuh terasa lebih segar, namun kalau berlebihan malah akan memberi efek sebaliknya. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk, oleh karena itu batasilah konsumsinya.

Sahabat Sehat, itulah tujuh cara yang bisa kamu lakukan supaya ngga merasa ngantuk di pagi hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top