Saat ini sudah musimnya mudik untuk menyambut hari raya, ada yang pergi mudik dengan keandaaran umum maupun pribadi. Berjam-jam diperjalanan akan membuah saat Sahabat Sehat kelelahan, apalagi jika membawa kendaraan sendiri dibutuhkan stamina yang ekstra untuk menyetir.

Tapi apakah kamu tau kenapa mudah sekali merasa lelah saat berkemudi jauh? Kemudian, bagaimana cara mengatasinya?

kelelahan saat mengemudi
Foto: Freepik.com

Penyebab dan tanda kelelahan

Ada beberapa hal yang dapat memepengaruhi terjadinya kelelahan, salah satunya tidak terpenuhinya asupan zat gizi. Bisa juga karena melakukan kegiatan yang monoton dalam waktu yang lama, seperti saat mengemudi untuk perjalanan panjang dan terjebak dalam kemacetan. Saat mengalam kelelahan, kamu biasanya akan merasa gelisah, sering menguap dan secara spontan melakukan gerakan yang ringan untuk mengurangi rasa kantuk. Jika sudah mengalami hal tersebut, kamu perlu segera beristirahat atau melakukan pemulihan karena tingkat kewaspadaan akan menurun.

Cara mencegah kelelahan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu telah beristirahat dengan cukup sekitar 7-8 jam. Hindari konsumsi alkohol dan bijak dalam konsumsi kafein, juga makan dengan porsi yang cukup.

Hindari melakuan perjalanan di siang hari jika kamu terbiasa tidur siang. Jike memungkinkan, periksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum bepergian dan pastikan kamu dalam keadaan sehat, terutama jika ingin mengemudi. Jika sudah mulai merasa lelah, berhentilah berkendara untuk istirahat secara berkala dan meregangkan otot. Kamu juga bisa meminta teman atau anggota keluarga lainnya untuk bergantian menyetir.

mengemudi kemacetan
Foto: Freepik.com

Lakukan peregangan ini saat merasa pegal

Ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan sambil duduk ataupun menunngu macet. Pertama peregangan leher kesamping, pastikan badan tegak dan telinga menyentuh bahu. Kedua, peregangan punggung, luruskan punggung, kaki menempek pada lantai, tangan dipinggang dan putar badan ke kanan lalu lakukan gerakan ke sisi berbeda.

Lalu peregangan bokong, miringkan badan ke arah kanan supaya bokong kiri terangkat dari kursi, tahan selama lima detik dan kembali ke posisi duduk normal dan ulangi dengan geralan dengan sisi yang berbeda. Peregangan lengan, condongkan tubuh Anda ke depan dan letakkan kedua tangan di belakang, dan tarik bahu ke belakang, tahan selama lima detik. Peregangan kaki, duduk tegak, kedua kaki menapak di lantai, Letakkan kaki kiri di paha kanan, tarik jari-jari kaki ke atas, ke arah pergelangan kaki. tahan posisi tersebut sampai kamu merasakan peregangan di sepanjang bagian bawah kaki dan tumit, dan beri pijatan lembut pada pergelangan kaki. Lakukanlah masing-masing peregangan dua hingga lima kali atau sesuai kebutuhan.

Sahabat Sehat, jika kamu sudah merasa lelah berkendara berhentilah di rest area terdekat untuk beristirahat. Lakukan juga peregangan di sela waktu istirahat. Jangan memaksakan terus berkendara jika terasa lelah, karena bagaimana pun keselamatan yang utama.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top