Hai Sahabat Sehat! Terkadang standar good looking yang tinggi menjadikan seseorang ingin melakukan perawatan diri untuk tampil lebih baik. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan kunyit yang sejak lama telah menjadi andalan bahan alami untuk merawat kesehatan kulit. Yuk simak penjelasan manfaat kunyit bagi kulit di bawah ini.

manfaat kunyit untuk kulit
Foto: Pexels.com

Kandungan Gizi Kunyit dan Manfaatnya

Kunyit mengandung kurkumin dan caprylic acid yang mampu membasmi mikroba penyebab penyakit kulit seperti jerawat. Juga, mengandung protein yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga mencegah terjadinya kerutan.

Dalam Prosiding SENDI_U 2019 dijelaskan pula pemanfaatan kulit yang mampu mengeskfoliasi penumpukan sel kulit mati, sehingga wajah terasa lebih lembut. Selain itu, berikut ini pengaplikasian kunyit yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Sebagai Obat Jerawat

Zat kurkumin sebagai antibakteri, caprylic acid yang dapat membunuh jamur, eugenol dan cinole yang mampu menghentingkan berkembangnya bakteri. Zat-zat inilah yang berperan besar dalam mengurangi berkembangnya peradangan, sehingga jerawat akan lebih cepat membaik.

Sebagai Lulur

Lulur berfungsi untuk menjadikan kulit lebih lembut, bersih dan harum. Kunyit dalam bentuk bubuk dicampurkan dengan sari tepung beras, pandan wangi, temu giring yang fungsinya untuk mendinginkan kulit sehingga kulit terlihat fresh, bersih, halus dan harum.

masker kunyit
Foto: Freepik.com

Sebagai Masker

Bahan pembuatan masker dapat menggunakan campuran bubuk kunyit dan madu. Perbandingan bubuk kunyit dengan madu adalah 1:1. Pertama wajah dibersihkan terlebih dahulu kemudian masker kunyit madu diaplikasikan pada wajah. Diamkan masker 10-15 menit kemudian bersihkan menggunakan air. Supaya hasil yang dapat lebih maksimal gunakan secara teratur dengan frekuensi satu kali sehari.

Sebagai Penghilang Area Hitam

Kunyit juga bisa menghapus area hitam pada tubuh seperti pada ketiak dan leher, bahan yang dibutuhkan yaitu kunyit, lemon, ketimun. Parut kunyit dan ketimun kemudian tambahkan perasan lemon. Aduk campuran tersebut hingga merata kemudian oleskan pada ketiak dan leher. Lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Gimana nih Sahabat Sehat? Banyak banget kan manfaat dari kunyit untuk menjaga kesehatan kulit? Oleh karena itu, kamu bisa banget memilih kunyit sebagai alternatif bahan perawatan kulit alami supaya kamu terlihat good looking di berbagai kesempatan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Achyar, Lies Yul. 1985. Dasar-Dasar Kosmetologi Kedokteran. Jakarta, PADVI Jaya.

Asnia, Marisa, Neneng Siti Silfi Ambarwati, Jenny Sista Siregar. Pemanfaatan      Rimpang Kunyit (Curcuma domestica Val.) Sebagai Perawatan Kecantikan        Kulit. Prosiding SENDI_U 2019

Coleman, Vernon. 1991. Perawatan Kulit. Jakarta: Arcan.

Pratiwi, Suci Ramadani, Rika Riwayani, Aisyah Hading. 2019. Pengaruh   Penggunaan Bubuk Kunyit dan Madu Sebagai Masker Untuk Kulit    Berjerawat. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top