Hola Sahabat Sehat! Mandi merupakan kegiatan rutinitas sehari-hari. Bagaikan terbagi menjadi dua kubu, ada orang yang suka mandi air dingin, ada juga yang suka air hangat. Memang penggunaan air untuk mandi dengan suhu berbeda akan memberikan dampak yang berbeda juga.

Lalu, lebih baik mana sih mandi pakai air dingin atau air hangat? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

mandi air dingin
Foto: Unsplahscom

Tidak ada yang Lebih Baik

Betul sekali, mandi air dingin atau mandi hangat tidak ada yang lebih unggul atau lebih baik. Keduanya memiliki manfaat masing-masing yang berbeda. Manfaat yang ada pada air dingin untuk mandi, tidak ada pada penggunaan air hangat untuk mandi, begitu juga sebaliknya.

Hal yang menjadi perhatian adalah bagaimana memilih penggunaan air untuk mandi sesuai kondisi tubuh. Biasanya, suhu normal seseorang adalah berkisar 36,5 hingga 37,5 derajat celcius. Pada saat kondisi suhu tubuh normal, tidak masalah ingin mandi air dingin atau hangat, sesuai preferensi setiap individu dan kedunya pun punya manfaat berbeda.

Masalah akan muncul apabila saat suhu tubuh tinggi misalnya ketika demam, menggunakan air dingin untuk mandi. Kondisi akan menjadi lebih buruk. Sebaiknya menggunakan air hangat ketika sedang dalam kondisi suhu tubuh yang tinggi. Sekarang mari bedah manfaat dari keduanya!

Manfaat Mandi Air Dingin

Pertama, bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Mandi air dingin bisa membuat tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit. Alasannya adalah saat tubuh terkena paparan air dengan suhu dingin, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak hal ini sebagai agen dalam sistem kekebalan tubuh.

Kedua, manfi air dingin bisa menyegarkan pikiran. Mungkin semua orang pernah mengalami bahwa dengan mandi air dingin, sensasi kesegarannya bisa menyegarkan tubuh secara keseluruhan, sehingga terasa isi kepala pun terasa lebih fresh.

Ketiga, mampu mengurangi sensasi nyeri. Air dingin dapat memberikan efek penghilang rasa sakit. Sehingga sangat bagus apabila seseorang yang mengalami nyeri otot setelah aktivitas fisik mandi air dingin.

mandi air hangat
Foto: Unsplash.com

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat pertama dari mandi air hangat adalah mampu meningkatkan kualitas tidur. Mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu supaya kamu tidur lebih pulas karena menciptakan ketenangan bagi tubuh dan pikiran.

Kedua, menggunakan air hangat untuk mandi bisa membantu melancarkan peredaran darah. Mandi air hangat dapat membuka pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Nah, yang terkahir, air hangat bisa merelaksasi otot. Otot yang tegang atau kaku bisa direlaksasi dengan mandi air hangat. Hal ini karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke otot sehingga membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan.

Sahabat Sehat, yang perlu digaris bawahi adalah hindari mandi dengan suhu yang extrem, baik terlalu dingin atau terlalu panas. Ini dikarenakan bisa menimbulkan dampak negatif, seperti terjadi hipotermia, tekanan jantung meningkat, kerusakan kulit dan lainnya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top