Selain perlu melawan rasa kantuk di siang hari, kamu juga perlu terjaga di malam hari untuk beribadah di bulan puasa, juga bangun untuk makan sahur. Oleh karena itu, perlu waktu istirahat yang cukup agar bisa berkegiatan dan beribadah dengan optimal. Tidur siang adalah salah satu bentuk istirahat yang efektif. Dengan tidur siang saat berpuasa, Sahabat Sehat mampu memperoleh berbagai manfaat ini.

tidur siang saat puasa
Foto; Pexels.com

Menahan Rasa Lapar

Dengan tidur siang, kamu bisa menahan rasa lapar karena tidak dapat makan dan minum di siang hari. Tidur siang juga menambah waktu tidur, sehingga tidak akan kekurangan waktu tidur yang bermanfaat menurunkan hormon ghrelin, yaitu hormon peningkat nafsu makan. Dengan demikian, kamu tidak akan cepat lapar di siang hari setelah tidur siang.

Meningkatkan Fokus

Power nap saat berpuasa dapat meningkatkan kewaspadaan atau fokus untuk bekerja. Tidur siang ternyata mampu membuat seseorang dapat menyelesaikan tugas lebih efisien, membuat sedikit kesalahan, dan mengurangi keteledoran karena mengantuk.

 Mengurangi Stres

Stres atau tekanan yang dialami karena penat beraktivitas dapat diatasi juga dengan tidur siang. Saat berpuasa, stres tersebut bisa bertambah dikarenakan perut dalam kondisi kosong. Berdasarkan studi dari Allegheny College, Amerika Serikat, tidur siang singkat saat berpuasa bisa membantu tubuh mengatasi kecemasan dan stres.

Meningkatkan Suasana Hati

Selain menahan rasa haus dan lapar, kamu juga harus menahan emosi saat berpuasa. Jika suasana hati sedang kesal, sedih, atau marah, maka cobalah istirahat dengan tidur siang. Suasana hati akan membaik setelah tidur siang karena lebih rileks, tenang, dan lebih bersemangat.

manfaat tidur siang
Foto: Freepik.com

Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

Saat berpuasa, asupan energi tubuh tentu berkurang dan baru disuplai kembali setelah berbuka. Akibatnya, tidak jarang yang mengalami kelelahan dan mengantuk di malam hari. Kelelahan ini bisa menyebabkan sulit tidur atau bahkan tidur terlalu lama. Hal tersebut dikhawatirkan mengganggu ibadahmu di malam hari dan tidak bisa bangun tepat waktu untuk sahur. Oleh karena itu, tingkatkanlah kualitas tidur malam dengan tidur siang.

Dilansir dari laman Klikdokter, dr. Muhammad Isman, menyampaikan bahwa tidur siang antara pukul 13.00-15.00 yang dikombinasikan dengan olahraga sedang, seperti stretching dan berjalan santai, mampu memperbaiki kualitas tidur malam. Ngga perlu terlalu lama, cukup tidur tidak lebih dari 30 menit. Jika lebih dari itu, kamu justru akan semakin lemas dan mengantuk saat terbangun.

Sahabat Sehat, menyempatkan waktu untuk tidur siang bisa menjadi solusi agar tidak kelelahan selama menjalani ibadah puasa. Meskipun demikian, tidurlah secukupnya saja dan jangan berlebihan agar tidur malamnya tidak terlalu larut.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top