Minum jus buah juga dapat membuat kolesterol kamu dapat menurun, dilansir dari steptohealth.com terdapat beberapa jus buah yang dapat menurunkan kolesterol:

Jus apel  

Menurut beberapa penelitian, apel dalam bentuk jus maupun utuh dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Meminun jus apel setiap hari merupakan cara alami untuk membersihkan darah karena kandungan pektinnya yaitu serat larut yang meningkatkan pembuangan racun, dan memiliki efek depuratif pada tubuhmu.

Jus lemon dan jahe

Lemon dan jahe memiliki kandungan bahan yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi kolesterol dan mencegah tersumbatnya arteri. Lemon juga membantu pengurangan tekanan darah tinggi dan membakar kalori serta lemak, sedangkan jahe memiliki manfaat untuk menghentikan pembentukan sel darah yang dapat menghambat berfungsinya sirkulasi kamu dan dapat meningkatkan suhu tubuh untuk membakar lemak. Cara membuatnya dengan menggunakan 1 lemon, 4 ons akar jahe, dan sedikit air. 

Jus kiwi, stroberi, dan jeruk

Perpaduan 3 jenis buah-buahan ini dapat mengurangi kolesterol dan dikemas juga dengan vitamin C. Jus ini juga dapat mengendalikan dan mencegah kolesterol tinggi. Stroberi secara khusus juga dapat meningkatkan plak darah. 

Jus delima

Buah delima dikenal dengan sumber antioksidan sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Buah ini juga mengandung tanin, flavonoid, dan serat yang dapat berguna untuk menurunkan kolesterol serta menjaga retensi cairan dan melawan hipertensi.

Jus anggur dan nanas

Jus ini dapat menghilangkan racun dan mengurangi kolesterol buruk (LDL) karena nanas dapat melawan kolesterol dan anggur dapat meningkatkan sirkulasi darah. 

Jus seledri, apel, dan mentimun

Jus ini dipandukan dengan 3 buah apel yang sudah dicuci dan dikupas serta dibuang batangnya, dua batang seledri, dan ¾ timun yang diiris. Setelah itu campurkan dan haluskan menjadi satu dalam gelas. Kamu bisa mengkonsumsi setiap pagi hari. 

Jus pisang, pepaya, dan jeruk

Kamu dapat menggabungkan 2 pepaya, 1 buah jeruk, dan 2 pisang. Caranya dengan mengupas dan memotong pisang, peras jeruk, dan memotong pepaya. Kemudian, satukan semuanya, bleder, dan kamu dapat meminumnya pada pagi hari

Jus apel, brokoli, tomat, wortel, dan cranberry

Jus ini dapat mengurangi kolesterol, kamu dapat menggabungkan apel yang sudah dikupas dan dipotong menjadi 4 bagian, batang brokoli yang sudah dipotong, wortel yang sudah dikupas dan diiris, setengah tomat dan dipotong dadu, serta secangkir cranberry yang dibelah dua atau utuh. Setelah itu masukan semuanya ke dalam blender dan aduk hingga rata. Jus ini dapat kamu sajikan setiap pagi.

Jus Nanas dan Apel

Nanas dan apel sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh dan mengontrol kolesterol. Sehingga Sahabat Fimela dapat terhindar dari serangan jantung. Haluskan seledri dan apel dengan blender. Tambahkan air, perasan lemon, es dan madu secukupnya.

 *Penulis: Fani Varensia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top