Halo Sahabat Sehat, kamu pasti pernah dengar imbauan supaya jangan tidur habis makan karena bisa bikin gemuk. Benar ngga sih, tidur habis makan itu bikin gemuk? Nah, simak penjelasannya ya!

Alasan Ngga Boleh Tidur habis Makan

Banyak penelitian menyatakan bahwa kebiasaan tidur setelah makan merupakan salah satu faktor risiko penyakit lambung Gastrointestinal Reflux Disease (GERD) atau dikenal dengan penyakit lambung yang sampai nyeri ulu hati. Kebiasaan tidur, terlebih kurang dari satu jam setelah makan, besar berkaitan dengan GERD karena dapat melemahkan otot katup kerongkongan bagian bawah jika kamu tidur dalam posisi terlentang.

tidur setelah makan
Foto: Freepik.com

Oleh karena itu, kalau kamu benar-benar ngga kuat tahan kantuk habis makan, usahakan posisi tidur kamu tidak terlentang. Kamu bisa meninggikan posisi badan kamu dari perut agar tidak mudah terjadi reflux.

Tidur Habis Makan Ngga Bikin Gemuk

Walaupun ternyata tidur habis makan ngga bikin gemuk, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan ini karena alasan kesehatan yang sudah disebutkan sebelumnya. Bukan cuma itu, jika kamu tidur setelah makan malam bisa lebih berisiko lagi, loh!

Ini karena beberapa teori yang mengaitkan tidur setelah makan dengan kejadian gemuk mengatakan bahwa metabolisme manusia di siang dengan malam hari memiliki perbedaan. Walaupun pengaruhnya ngga terlalu signifikan, tapi bisa jadi salah satu penyebab yang bikin kamu gemuk adalah kebiasaan makan di malam hari.

Penyebab Gemuk

Gemuk menurut Kementerian Kesehatan merupakan kondisi saat lemak menumpuk di dalam tubuh akibat kalori yang masuk lebih banyak dibanding yang digunakan untuk beraktivitas. Misalnya, tubuh kamu cuma perlu 2000 kalori, tapi yang masuk ke badan kamu dalam sehari lebih dari 2000 kalori, maka surplus atau kelebihan dari kalori ini bakal disimpan dalam tubuh kamu sebagai lemak.

makan malam
Foto: Freepik.com

Menurut Kementerian Kesehatan juga, penyebab paling utamanya bersumber dari pola makan yang ngga baik, seperti sering mengonsumsi makanan junk food, gemar mengonsumsi minuman dengan gula tambahan dalam jangka panjang, dan kurang berolahraga. Jadi sebetulnya, asal pola hidup kamu sudah sesuai dengan prinsip gizi seimbang, kemungkinan besar kamu ngga akan jadi gemuk.

Kapan Boleh Tidur Habis Makan?

Dari berbagai anjuran medis, jarak waktu yang aman setelah waktu makan besar ke waktu tidur atau posisi terlentang adalah 2 hingga 3 jam. Jadi, misalnya kamu makan malam pukul 6 sore, maka sebaiknya kamu bersiap untuk tidur setelah jam 8 malam.

Pastikan Sahabat Sehat memperhatikan dan mengatur jarak waktu makan dengan tidur. Selain itu, jangan lupa perhatikan juga jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

Referensi

Is it bad to eat before bed? (2023) Sleep Foundation. Available at: https://www.sleepfoundation.org/nutrition/is-it-bad-to-eat-before-bed (Accessed: 25 August 2023).

Ajjah, B. F. F., Mamfaluti, T., & Putra, T. R. I. (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Terjadinya Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd). Journal of Nutrition College, 9(3), 169–179. https://doi.org/10.14710/jnc.v9i3.27465

Yuk Kenali Pencegahan obesitas (2022) Yuk Kenali Pencegahan Obesitas. Available at: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1389/yuk-kenali-pencegahan-obesitas (Accessed: 25 August 2023).

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Anida Rahayu Adawiyah

Studying in Public Health Nutrition, University of Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top